Makna ; Ayat ﴿وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ﴾ (QS. Al-Qalam: 4)

 Ayat ﴿وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ﴾ (QS. Al-Qalam: 4) adalah salah satu pujian Allah ﷻ kepada Nabi Muhammad ﷺ. Ulama tafsir memberikan banyak makna tentang “khuluq ‘azhim” (akhlak yang agung). 

Berikut 10 makna yang sering disebutkan:

1. Kesempurnaan akhlak yang mencakup seluruh kebaikan
– Menurut banyak mufasir, ayat ini menunjukkan bahwa Nabi ﷺ berada di puncak akhlak terpuji: sabar, tawadhu’, jujur, amanah, adil, kasih sayang, dan seluruh sifat utama manusia.

2. Akhlak Al-Qur’an
– Aisyah r.a. ketika ditanya tentang akhlak Nabi ﷺ menjawab: “Kana khuluquhu al-Qur’an” (Akhlaknya adalah Al-Qur’an). Maksudnya, beliau adalah perwujudan nyata dari nilai-nilai Al-Qur’an.

3. Kesabaran luar biasa
– Sebagian tafsir menekankan bahwa “khuluq ‘azhim” mengacu pada kesabaran Nabi ﷺ menghadapi gangguan, penolakan, cemoohan, bahkan siksaan dari kaum musyrikin tanpa pernah membalas dengan keburukan.

4. Kasih sayang universal 
– Akhlak agung Nabi ﷺ bukan hanya untuk kaum muslimin, tetapi juga meliputi rahmat bagi seluruh makhluk (rahmatan lil-‘alamin).

5. Keteguhan hati dalam dakwah
– Nabi ﷺ tidak tergoyahkan oleh tekanan, fitnah, atau ancaman. Akhlaknya yang agung tercermin dalam komitmennya yang kokoh terhadap risalah.

6. Tawadhu’ (kerendahan hati)
– Walau mendapat kedudukan tertinggi di sisi Allah ﷻ, beliau tetap rendah hati dalam pergaulan, duduk bersama orang miskin, melayani keluarganya, dan menolak hidup berlebihan.

7. Keutamaan akal dan hikmah
– Sebagian mufasir Syiah menafsirkan “khuluq ‘azhim” juga mencakup kesempurnaan akal, kebijaksanaan, dan cara beliau menempatkan segala sesuatu pada tempatnya.

8. Adab ibadah
– Akhlak agung Nabi ﷺ tidak hanya dalam muamalah dengan manusia, tetapi juga dalam penghambaan kepada Allah: shalatnya khusyuk, doanya penuh rasa takut dan cinta, serta dzikirnya tiada henti.

9. Puncak dari fitrah kesucian
– Ayat ini menegaskan bahwa akhlak Nabi ﷺ bukan sekadar hasil pendidikan atau pengalaman, tapi merupakan bagian dari kesucian fitrah yang Allah tanamkan dalam dirinya sejak awal (ismah).

10. Standar akhlak bagi umat manusia
– “Khuluq ‘azhim” berarti Nabi ﷺ adalah teladan akhlak terbaik. Umat diperintahkan untuk meneladani beliau, sebagaimana ditegaskan dalam QS. Al-Ahzab: 21.

Makna وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ menurut Al-Qur’an itu sendiri, dengan pendekatan ayat-ayat lain yang menjelaskan akhlak Nabi ﷺ.

1. Akhlak Al-Qur’an (implementasi wahyu) Al-Qur’an menggambarkan Nabi ﷺ sebagai orang yang mengikuti wahyu secara sempurna:

﴿إِنْ أَتَّبِعُ إِلَّا مَا يُوحَىٰ إِلَيَّ﴾

“Aku tidak lain hanyalah mengikuti apa yang diwahyukan kepadaku.” (QS. Al-Ahqaf: 9)
→ Jadi akhlaknya = cerminan Al-Qur’an.

2. Sifat penuh kasih sayang

﴿لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مِّنْ أَنفُسِكُمْ عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيصٌ عَلَيْكُم بِالْمُؤْمِنِينَ رَءُوفٌ رَّحِيمٌ﴾ (QS. At-Taubah: 128) 
→ Akhlak agung Nabi ﷺ adalah kasih sayang, kepedulian, dan kelembutan terhadap umat.

3. Rahmat bagi semesta

﴿وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا رَحْمَةً لِّلْعَالَمِينَ﴾ QS. Al-Anbiya: 10)
→ Akhlak beliau bukan hanya untuk umat Islam, tapi rahmat bagi seluruh alam.

4. Kelembutan dan maaf

﴿فَبِمَا رَحْمَةٍ مِّنَ اللَّهِ لِنتَ لَهُمْ ۖ وَلَوْ كُنتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ ۖ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِي الْأَمْرِ﴾ (QS. Ali ‘Imran: 159)
→ Akhlak agung = kelembutan, pemaaf, musyawarah.

5. Kesabaran menghadapi gangguan

﴿فَاصْبِرْ كَمَا صَبَرَ أُولُوا الْعَزْمِ مِنَ الرُّسُلِ﴾ (QS. Al-Ahqaf: 35)

→ Akhlaknya tercermin dalam kesabaran besar menghadapi ujian dakwah.

6. Tawadhu’ meskipun mulia

﴿وَاخْفِضْ جَنَاحَكَ لِلْمُؤْمِنِينَ﴾

‏QS. Al-Hijr: 88)

→ Nabi ﷺ diperintahkan merendahkan diri di hadapan orang beriman, padahal beliau mulia.

7. Keadilan dan amanah

﴿وَأُمِرْتُ لِأَعْدِلَ بَيْنَكُمُ﴾

‏QS. Asy-Syura: 15)

→ Akhlak agung Nabi ﷺ juga berupa keadilan dan sikap amanah.

8. Istiqamah (keteguhan hati)

﴿فَاسْتَقِمْ كَمَا أُمِرْتَ﴾ (QS. Hud: 112)

→ Beliau teguh dan lurus tanpa menyimpang sedikit pun.

9. Tidak mengikuti hawa nafsu

﴿وَمَا يَنطِقُ عَنِ الْهَوَىٰ • إِنْ هُوَ إِلَّا وَحْيٌ يُوحَىٰ﴾ (QS. An-Najm: 3–4)

→ Akhlak beliau bebas dari dorongan nafsu, hanya berlandaskan wahyu.

10. Teladan sempurna bagi umat

لَّقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ﴾ (QS. Al-Ahzab: 21)

→ “Khuluq ‘azhim” = beliau adalah teladan akhlak yang sempurna bagi seluruh manusia.

📌 Jadi, makna “khuluq ‘azhim” dalam Al-Qur’an: Nabi ﷺ adalah personifikasi wahyu yang diwujudkan dalam kasih sayang, kelembutan, keadilan, kesabaran, tawadhu’, dan istiqamah; seluruh sifat akhlak yang diperintahkan Allah.

Makna وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ menurut hadis-hadis Nabi ﷺ. Para ulama menjelaskan ayat ini banyak melalui riwayat; 

1. Akhlaknya adalah Al-Qur’an
“Kana khuluquhu al-Qur’an.”(Akhlaknya adalah Al-Qur’an).— HR. Muslim, Ahmad, Abu Dawud. Artinya, Nabi ﷺ adalah perwujudan praktis dari ajaran Al-Qur’an.

2. Nabi ﷺ diutus untuk menyempurnakan akhlak
Rasulullah ﷺ bersabda:”Innama bu‘ithtu liutammima makarimal-akhlaq.”Sesungguhnya aku diutus hanya untuk menyempurnakan akhlak mulia).— HR. Malik dalam Muwaththa’, Ahmad, Al-Bazzar.
📌 Ayat ini dipahami sebagai pengakuan Allah bahwa beliau telah sampai pada kesempurnaan akhlak.

3. Akhlak terbaik adalah yang paling dicintai Nabi ﷺRasulullah ﷺ bersabda: “Sesungguhnya orang yang paling aku cintai di antara kalian dan paling dekat kedudukannya denganku pada hari kiamat adalah orang yang paling baik akhlaknya.”— HR. Tirmidzi.
📌 Ayat “khuluq ‘azhim” sekaligus standar bagi umat.

4. Kesabaran Nabi ﷺ menghadapi gangguan Ibnu Mas‘ud berkata: “Aku melihat Nabi ﷺ dipukul hingga wajahnya berdarah, lalu beliau mengusap darah itu seraya berkata: ‘Ya Allah, ampunilah kaumku, karena sesungguhnya mereka tidak mengetahui.’”— HR. Bukhari, Muslim.
📌 Inilah puncak akhlak agung: membalas kejahatan dengan doa kebaikan.

5. Kelembutan Nabi ﷺRasulullah ﷺ bersabda:”Sesungguhnya Allah itu Maha Lembut dan mencintai kelembutan pada segala urusan.”
— HR. Bukhari, Muslim. 
📌 Ayat tentang akhlak agung sejalan dengan sikap lembut beliau terhadap semua orang.

6. Teladan dalam pergaulan keluarga Aisyah r.a. berkata: “Rasulullah ﷺ selalu membantu pekerjaan keluarganya; beliau menjahit pakaiannya sendiri, memperbaiki sandalnya, dan bekerja di rumah sebagaimana salah satu dari kalian bekerja di rumahnya.”
— HR. Ahmad. 
📌 Akhlak agung beliau nyata dalam kehidupan sehari-hari.

7. Amanah dan jujur sejak sebelum kenabian Dari gelar beliau: Al-Amin (yang terpercaya). Kaum Quraisy menyimpan barang berharga mereka pada beliau meski menentangnya.
📌 Akhlak agung itu diakui kawan maupun lawan. 

👉 Jadi, menurut hadis-hadis, makna “khuluq ‘azhim” adalah:
Nabi ﷺ adalah perwujudan Al-Qur’an.
Beliau diutus untuk menyempurnakan akhlak mulia.
Kesabarannya, kelembutannya, kasih sayangnya, kejujurannya, tawadhu’ dan keteladanan dalam keluarga adalah manifestasi akhlak agung.

Makna ayat “وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ” menurut hadis Ahlul Bayt (as).

Dalam riwayat Syiah, Ahlul Bayt (as) banyak menafsirkan ayat ini dengan penekanan khusus: Nabi ﷺ adalah manifestasi sempurna akhlak Qur’ani, dan Ahlul Bayt adalah pewaris akhlak tersebut.

1. Akhlak Nabi adalah Al-Qur’an
Imam Ja‘far al-Shadiq (as) berkata: “Akhlak Rasulullah ﷺ adalah Al-Qur’an.”— Tafsir al-Qummi 2/393

2. Nabi ﷺ sebagai teladan sempurna Imam al-Baqir (as):”Allah memuji Nabi-Nya dengan akhlak yang agung. Maka ikutilah beliau dalam akhlaknya, karena sesungguhnya beliau adalah teladanmu.”— Al-Kafi 8/148

3. Kesabaran tanpa batas Imam al-Ridha (as):”Dari akhlak Nabi ﷺ yang agung adalah kesabarannya terhadap musuh, sehingga beliau tidak mendoakan keburukan bagi mereka.”— Uyun Akhbar al-Ridha 2/27

4. Kasih sayang universal
Imam Ali (as):”Beliau adalah tabib yang berkeliling dengan obat, meletakkannya di hati yang buta dan telinga yang tuli.”— Nahj al-Balagha, khutbah 108 
📌 Akhlaknya adalah kasih sayang dan penyembuhan jiwa.

5. Kelembutan dalam dakwah
Imam al-Shadiq (as): “Allah menjadikan Nabi dengan akhlak yang lembut, sehingga orang-orang mendekat kepadanya.”— 
Al-Kafi 2/100

6. Tidak pernah kasar
Imam Ali Zain al-‘Abidin (as): “Rasulullah ﷺ tidak pernah berkata kasar, dan tidak pernah melaknat.”
— Al-Kafi 8/242

7. Tawadhu’ Nabi ﷺ Imam Ali (as): “Rasulullah ﷺ duduk seperti salah seorang dari kalian, dan menjahit sandalnya sendiri.”
— Nahj al-Balagha, hikmah 160

8. Menolong orang miskin
Imam al-Baqir (as):”Rasulullah ﷺ duduk bersama orang miskin, makan bersama mereka, dan menghormati mereka.”— Al-Kafi 8/246

9. Pemaaf yang sempurna
Imam al-Sajjad (as):”Beliau tidak pernah membalas kejahatan dengan kejahatan, tetapi memaafkan dan berlapang dada.”— Al-Kafi 8/242

10. Akhlak dalam keluarga
Imam al-Shadiq (as):”Rasulullah ﷺ selalu membantu keluarganya di rumah, dan tidak bersikap sombong kepada mereka.”— Al-Kafi 8/246

11. Akhlak dalam ibadah
Imam al-Sajjad (as) dalam Sahifah Sajjadiyah:”Shalat Nabi ﷺ penuh kekhusyukan, seakan-akan beliau berdiri di hadapan Allah dengan hati yang hancur.”

12. Senyuman Nabi ﷺ Imam al-Baqir (as):”Rasulullah ﷺ selalu tersenyum ketika bertemu dengan orang-orang.”— Al-Kafi 8/241

13. Kejujuran mutlak
Imam Ali (as):”Sejak kecil hingga wafat, kami tidak pernah mendapati Nabi ﷺ berdusta, baik bercanda maupun sungguhan.”— Nahj al-Balagha

14. Warisan akhlak kepada Ahlul Bayt Imam al-Shadiq (as):”Kami adalah pewaris akhlak Rasulullah ﷺ. Barangsiapa ingin melihat akhlak beliau, maka lihatlah kepada kami Ahlul Bayt.”— Al-Kafi 1/219

📌 Jadi menurut hadis-hadis Ahlul Bayt (as), makna “khuluq ‘azhim” terangkum dalam: 
 • Nabi ﷺ adalah perwujudan Al-Qur’an,
Beliau lembut, penyabar, pemaaf, jujur, rendah hati, penuh kasih sayang, • Beliau teladan dalam keluarga, masyarakat, dan ibadah,
Dan akhlak ini diwariskan kepada Ahlul Bayt (as) sebagai pewaris risalah.

Makna ayat ﴿وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ﴾ (QS. Al-Qalam: 4) menurut para mufassir. Para ahli tafsir, baik Sunni maupun Syiah, memberi penjelasan yang beragam tapi saling melengkapi.

🕌 Tafsir Sunni 

1. Al-Tabari (w. 310 H, Jāmi‘ al-Bayān); 
Khuluq ‘azhim = agama yang agung, yaitu Islam.
Beliau berkata: “Maksudnya engkau (Muhammad) berada di atas agama yang agung, yaitu agama Allah.”

2. Al-Qurtubi (w. 671 H, al-Jāmi‘ li-Ahkām al-Qur’ān) 
Menafsirkan akhlak Nabi ﷺ adalah Al-Qur’an.
Menyebut hadis Aisyah r.a.: “Kana khuluquhu al-Qur’an.”
Akhlak agung itu mencakup kesabaran, tawadhu’, kelembutan, dan kesempurnaan jiwa.

3. Al-Razi (w. 606 H, Mafātih al-Ghayb) 
Menekankan bahwa ayat ini adalah bentuk pujian tertinggi Allah kepada Nabi ﷺ.
 • Khuluq ‘azhim berarti:  1. Sabar dalam menghadapi gangguan. 2. Lemah lembut terhadap sahabat. 3. Rahmat bagi seluruh alam. 

4. Ibn Kathir (w. 774 H, Tafsīr al-Qur’ān al-‘Azīm)
Menyebut hadis Aisyah: “Akhlaknya adalah Al-Qur’an.” 
Menjelaskan Nabi ﷺ menghimpun semua sifat terpuji: sabar, memaafkan, tidak membalas kejahatan dengan kejahatan.

5. Al-Tabarsi (w. 548 H, Majma‘ al-Bayān) 
Khuluq ‘azhim = akhlak Nabi ﷺ adalah Al-Qur’an. 
Menekankan kesempurnaan akhlak lahiriah (kepada manusia) dan batiniah (dalam ibadah).

6. Al-Qummi (abad ke-3 H, Tafsir al-Qummi)
 • Riwayat dari Imam al-Sadiq (as): “Akhlak beliau adalah Al-Qur’an.” 
Artinya seluruh perintah dan larangan Allah dalam Al-Qur’an terwujud pada pribadi Nabi ﷺ.

7. Allamah Thabathaba’i (w. 1981, al-Mīzān fī Tafsīr al-Qur’ān) 
Menafsirkan “khuluq” sebagai sifat jiwa yang tetap (malakah). 
“Agung” karena Nabi ﷺ memiliki kesempurnaan jiwa: 
Tunduk total pada wahyu.• Bebas dari hawa nafsu (QS. An-Najm: 3-4). 
Rahmat bagi seluruh alam (QS. Al-Anbiya: 107). 
Kesimpulan: Akhlak Nabi ﷺ adalah bentuk sempurna dari fitrah manusia yang suci.

✨ Kesimpulan dari para mufassir
1. Akhlak Nabi = Al-Qur’an (Tabarsi, Qurtubi, Ibn Kathir).
2. Agama yang agung (Islam) (Tabari).
3. Kesempurnaan jiwa & ketundukan penuh pada wahyu (Thabathaba’i, Razi).
4. Rahmat & kelembutan universal (Razi, Ibn Kathir).

📌 Jadi, menurut mufassir, “khuluq ‘azhim” bukan hanya sopan santun, tapi totalitas kepribadian Nabi ﷺ yang mencerminkan wahyu, kesempurnaan jiwa, rahmat, dan kesabaran.

Mufassir Syiah mengenai ayat
‎﴿وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ﴾ 
(QS. Al-Qalam: 4). 

📖 Penafsiran Mufassir Syiah

1. Tafsir al-Qummi (abad ke-3 H)
Diriwayatkan dari Imam al-Sadiq (as): Khuluquhu al-Qur’an” (Akhlaknya adalah Al-Qur’an).
Maksudnya seluruh perintah dan larangan Allah sudah terwujud dalam diri Nabi ﷺ. 
Beliau adalah Al-Qur’an yang hidup.

2. Tafsir al-‘Ayyashi (abad ke-3-4 H) 
Menyebut riwayat dari Ahlul Bayt (as) bahwa khuluq ‘azhim = sifat rahmat dan kasih sayang yang Allah anugerahkan kepada Nabi ﷺ.
Nabi ﷺ memaafkan musuh, berdoa untuk mereka, dan bersabar menghadapi gangguan.

3. Majma‘ al-Bayan – Al-Tabarsi (w. 548 H) 
Menafsirkan: khuluq ‘azhim adalah akhlak Nabi ﷺ yang sesuai dengan Al-Qur’an. 
Pujian ini adalah derajat tertinggi yang Allah berikan. 
Akhlaknya meliputi: kesabaran, tawadhu’, rahmah, dan penghambaan total kepada Allah.

4. Tafsir al-Safi – Al-Faidh al-Kashani (w. 1091 H) 
Menekankan makna “khuluq” sebagai malakah (sifat jiwa yang menetap).
“Azim” artinya puncak kesempurnaan akhlak.
Nabi ﷺ mencapai maqam tertinggi akhlak karena beliau bersih dari hawa nafsu (rujuk QS. An-Najm: 3–4).

5. Al-Mizan fi Tafsir al-Qur’an – Allamah Thabathaba’i (w. 1981)
Khuluq ‘azhim = totalitas kepribadian Nabi ﷺ yang:
Tunduk sepenuhnya pada wahyu.
Tidak berbicara dari hawa nafsu.
Selalu dalam rahmat dan kasih sayang.
Akhlak agung ini bukan hanya hubungan dengan manusia, tapi juga dengan Allah (ibadah, doa, syukur, takut dan cinta).
Nabi ﷺ adalah manusia sempurna (al-insan al-kamil).

6. Tafsir al-Namuna – Ayatullah Makarim Shirazi (kontemporer)
Menyebut ayat ini sebagai salah satu ayat paling agung tentang Nabi ﷺ.
“Khuluq ‘azhim” = akhlak yang mencakup:
Kesabaran menghadapi musuh.
Kelembutan terhadap sahabat.
Keadilan dalam hukum.
Kerendahan hati dalam pergaulan.
Nabi ﷺ menjadi standar moral universal.

✨ Intisari Tafsir Syiah Menurut para mufassir Syiah, “khuluq ‘azhim” berarti: 
1. Nabi ﷺ adalah Al-Qur’an yang hidup (Qummi, Tabarsi). 
2. Beliau adalah manifestasi rahmat (Ayyashi). 
3. Kesempurnaan akhlak lahir & batin: sabar, tawadhu’, kasih sayang, ibadah (Tabarsi, Kashani). 
4. Nabi ﷺ adalah manusia sempurna (al-insan al-kamil) (Thabathaba’i). 
5. Akhlaknya adalah standar moral abadi bagi umat manusia (Makarim Shirazi).
7. Tafsir Nur al-Thaqalayn – al-Huwayzi (w. 1112 H) 
Menghimpun riwayat Ahlul Bayt (as) terkait ayat ini. 
Menyebut bahwa akhlak Nabi ﷺ adalah kamil (sempurna) dalam sabar, rahmat, kasih sayang, dan kesetiaan pada janji.
8. Tafsir al-Burhan – al-Bahrani (w. 1107 H) 
Membawa hadis-hadis yang menegaskan bahwa khuluq ‘azhim = akhlak Nabi sesuai dengan Al-Qur’an. 
Juga menekankan hubungan ayat ini dengan hadis “Innama bu‘ithtu liutammima makarimal-akhlaq” (Aku diutus untuk menyempurnakan akhlak mulia).
9. Rawdat al-Jinan – al-Abhari (abad ke-10 H) 
Menyebut bahwa “khuluq ‘azhim” adalah gabungan antara akhlak batiniah dan lahiriah. 
Nabi ﷺ bukan hanya memiliki akhlak sosial yang mulia, tapi juga kesempurnaan ruhani dalam ibadah.
10. Tafsir Kanz al-Daqa’iq – al-Mashhadi (abad ke-11 H)
Menafsirkan bahwa ayat ini adalah pengakuan Allah bahwa Nabi ﷺ tidak punya cela akhlak sedikit pun. 
Bahkan dalam situasi paling sulit, akhlaknya tetap sempurna.
11. Tafsir Manhaj al-Sadiqin – al-Kashfi (abad ke-11 H) 
Menyebut khuluq ‘azhim adalah puncak kelembutan dan kasih sayang.
Nabi ﷺ bahkan terhadap musuh tidak membalas keburukan dengan keburukan.
12. Tafsir Bayan al-Sa‘adah – al-Jazairi (abad ke-12 H) 
Menafsirkan “khuluq ‘azhim” dalam dimensi irfani: Nabi ﷺ adalah tajalli (manifestasi) sifat Rahman Allah di bumi. 
Akhlaknya adalah cermin nama-nama Allah (asma’ al-husna). 

✨ Ringkasan 12 Pandangan Mufassir Syiah
1. Qummi → Akhlak Nabi adalah Al-Qur’an. 
2. ‘Ayyashi → Rahmat & kasih sayang. 
3. Tabarsi (Majma‘ al-Bayan) → Kesempurnaan akhlak lahir & batin. 
4. Kashani (al-Safi) → Puncak kesempurnaan jiwa. 
5. Thabathaba’i (al-Mizan) → Manusia sempurna (al-insan al-kamil). 
6. Makarim Shirazi (al-Namuna) → Standar moral universal.
7. Huwayzi (Nur al-Thaqalayn) → Sabar, rahmat, kesetiaan. 
8. Bahrani (al-Burhan) → Akhlak sesuai Al-Qur’an. 
9. Abhari (Rawdat al-Jinan) → Akhlak lahiriah & batiniah.
10. Mashhadi (Kanz al-Daqa’iq) → Tidak ada cela akhlak. 
11. Kashfi (Manhaj al-Sadiqin) → Puncak kelembutan. 
12. Jazairi (Bayan al-Sa‘adah) → Tajalli sifat Rahman Allah. 

✨ Tafsiran Makrifat & Hakikat 

1. Khuluq ‘Azim = Tajalli Nama-Nama Allah
Nabi ﷺ adalah mazhar (manifestasi) Asma’ul Husna. 
Akhlaknya bukan sekadar akhlak manusia biasa, tapi cermin sifat Rahman, Rahim, Halim, ‘Adl, dan lainnya. 
Artinya, “khuluq ‘azhim” = beliau adalah cermin Allah di bumi. 

2. Khuluq ‘Azim = Fana’ dalam Kehendak Allah
Menurut sufi seperti Ibn ‘Arabi, akhlak Nabi ﷺ adalah Al-Qur’an karena beliau sirna dalam kehendak Allah (fana’ fi Allah). 
Segala gerak-geriknya bukan dari hawa nafsu (QS. An-Najm: 3-4), tapi dari wahyu. 

3. Khuluq ‘Azim = Maqam Insan Kamil 
Dalam irfan Syiah (Mulla Sadra, Allamah Thabathaba’i), Nabi ﷺ adalah al-Insan al-Kamil. • Beliau mengumpulkan seluruh kesempurnaan akhlak, sehingga menjadi penghubung antara Allah dan makhluk. 

4. Khuluq ‘Azim = Sirr Muhammadi (Hakikat Muhammad)
Menurut sebagian arif, “khuluq ‘azhim” adalah pujian Allah atas hakikat nurani Nabi ﷺ yang sejak azali merupakan cahaya pertama diciptakan (al-Nur al-Muhammadi). 
Jadi, akhlak beliau adalah pantulan hakikat nur ilahi. 

5. Khuluq ‘Azim = Rahmat Mutlak
Para arif menafsirkan ayat ini sejalan dengan QS. Al-Anbiya:107 “wa ma arsalnaka illa rahmatan lil-‘alamin”. 
Akhlak agung beliau adalah rahmat universal, bahkan meliputi musuh, hewan, dan alam semesta.

6. Khuluq ‘Azim = Kesempurnaan Syariat & Hakikat
Ahli hakikat melihat: syariat = lahiriah akhlak Nabi ﷺ, hakikat = batiniah akhlak (kesucian hati, ma’rifah, fana’). 
Nabi ﷺ menyatukan keduanya secara sempurna: syariat (aturan), tariqat (jalan), hakikat (rahasia).

7. Khuluq ‘Azim = Adab di Hadapan Allah
Para sufi menekankan bahwa Nabi ﷺ memiliki adab ma‘a Allah (etika di hadapan Allah) yang sempurna. 
Doanya, shalatnya, sujudnya, dzikirnya, semuanya penuh adab. 
Bahkan dalam mi‘raj, beliau tetap berkata: “La usni ‘alaika anta kama athnayta ‘ala nafsik” (Aku tidak bisa memuji-Mu, Engkau sebagaimana Engkau memuji diri-Mu). 

8. Khuluq ‘Azim = Kehadiran Qalbiyah 
Menurut ahli makrifat, akhlak agung Nabi ﷺ bukan sekadar perilaku sosial, tapi kehadiran qalb (hati) yang selalu bersama Allah.
Karena itu beliau bisa tersenyum kepada manusia, tapi hatinya selalu terikat dengan Allah.

9. Khuluq ‘Azim = Cinta Ilahi 
Segala akhlak Nabi ﷺ berpangkal dari cinta (mahabbah) kepada Allah. 
Dari cinta inilah lahir rahmat, kesabaran, tawadhu’, dan pemaafan. 

10. Khuluq ‘Azim = Puncak Perjalanan Spiritual 
Menurut kaum arif, maqam akhlak agung adalah hasil dari suluk rohani Nabi ﷺ sejak awal penciptaan. 
Beliau menempuh maqam fana’ (sirna) lalu baqa’ (kekal dengan Allah), dan dari situlah lahir akhlak sempurna.

🌿 Kesimpulan Makrifat; Menurut ahli makrifat dan hakikat: 
Khuluq ‘azhim = maqam nurani Nabi ﷺ sebagai insan kamil,
Akhlaknya adalah tajalli sifat Allah, 
Beliau adalah rahmat universal, 
Dan akhlaknya mencakup syariat (lahir), hakikat (batin), dan ma’rifat (cahaya).

🌿 Pandangan Ahli Makrifat Syiah

1. Khuluq ‘Azim = Hakikat Muhammad
Menurut para arif Syiah, cahaya Muhammad (al-Nūr al-Muḥammadī) adalah makhluk pertama yang Allah ciptakan. 
“Khuluq ‘azhim” berarti akhlak Nabi ﷺ adalah pantulan dari nur primordial ini, sehingga seluruh sifatnya adalah bayangan Asmā’ Allah. 

2. Insān Kāmil (Manusia Sempurna) 
Dalam filsafat irfan Mulla Ṣadrā, Nabi ﷺ adalah al-Insān al-Kāmil, penghubung antara dunia Ilahi dan dunia materi.
Akhlaknya agung karena beliau mencakup semua tingkatan wujud: syariat (lahir), ṭarīqat (jalan), ḥaqīqat (batin). 

3. Khuluq = Fana’ dan Baqā’
Para arif Syiah menjelaskan: akhlak agung Nabi ﷺ lahir dari fana’ dalam Allah (sirna dari ego), lalu baqā’ bi Allah (kekal bersama Allah).
Karena itu, beliau tidak berbicara dari hawa nafsu (QS. Al-Najm: 3-4), melainkan semata-mata dari Allah.

4. Adab Ma‘a Allah 
Sayyid Ḥaydar Āmulī (arif Syiah abad 8 H) menulis: “Rasulullah mencapai puncak akhlak karena kesempurnaan adabnya di hadapan Allah.” 
Dalam mi‘raj, Nabi ﷺ tetap berkata: “Aku tidak mampu memuji-Mu sebagaimana Engkau memuji diri-Mu.” — inilah puncak akhlak di hadapan Allah. 

5. Rahmat Universal
“Khuluq ‘azhim” menurut arif Syiah adalah tajalli sifat Rahman dalam diri Nabi ﷺ
Beliau adalah rahmat bagi seluruh makhluk (QS. Al-Anbiya: 107). 
Kasih sayangnya bahkan mencakup musuh, hewan, dan alam. 

6. Kesempurnaan Akhlak Lahir & Batin 
Para arif Syiah membagi: 
Akhlak lahiriah → kelembutan, tawadhu’, sabar, kasih sayang. 
Akhlak batiniah → ikhlas, fana’, syukur, ma‘rifatullah.
Nabi ﷺ mencapai kesempurnaan keduanya sekaligus. 

7. Cermin Asmā’ Allah 
Menurut ‘urafā’ Syiah, “khuluq ‘azhim” = Nabi ﷺ adalah tajalli sifat Allah di bumi. 
Beliau memantulkan sifat Rahim, Halim, Adl, Latif. 
Akhlaknya adalah jalan bagi umat untuk mengenal Allah. 

8. Siraj Munir (Cahaya Penerang) 
Nabi ﷺ disebut dalam QS. Al-Ahzab: 46 sebagai sirājan munīrā (pelita yang menerangi). 
Para arif menafsirkan: cahaya ini bukan hanya cahaya wahyu, tapi juga cahaya akhlak agung yang menuntun umat menuju Allah. 

✨ Intisari Makrifat Syiah

Menurut ahli makrifat Syiah, “khuluq ‘azhim” berarti: 
1. Nabi ﷺ adalah manifestasi Hakikat Muhammad.
2. Beliau adalah al-Insān al-Kāmil, penghubung antara Allah dan makhluk.  
3. Akhlaknya bersumber dari fana’ dan baqā’ dalam Allah.
4. Kesempurnaan adab di hadapan Allah. 
5. Rahmat universal bagi seluruh wujud. 
6. Akhlak lahir & batin mencapai puncak kesempurnaan.
7. Beliau adalah tajalli Asmā’ Allah.
8. Cahaya akhlaknya menjadi siraj munir bagi umat.

🌟 10 Kisah Akhlak Agung Nabi ﷺ

1. Didoakan Kebaikan Padahal Disakiti; 
Seorang wanita tua di Makkah setiap hari melempar kotoran ke Nabi ﷺ saat beliau lewat. Suatu hari ia sakit dan tidak keluar. Nabi ﷺ justru menjenguknya. Wanita itu terkejut dan akhirnya masuk Islam. 
📌 Pelajaran: Akhlak agung = membalas keburukan dengan kebaikan.

2. Orang Badui Kencing di Masjid
Seorang Arab badui kencing di dalam masjid. Para sahabat marah, tapi Nabi ﷺ berkata: “Jangan ganggu dia, biarkan ia selesai.” Setelah itu beliau memanggilnya dengan lembut, memberi nasihat tanpa marah.
📌 Pelajaran: kelembutan lebih kuat daripada amarah.

3. Mengampuni Penduduk Thaif
Ketika Nabi ﷺ dilempari batu di Thaif hingga berdarah, malaikat penjaga gunung menawarkan untuk menimpakan gunung kepada mereka. Nabi ﷺ menjawab: “Jangan, aku berharap kelak dari keturunan mereka ada yang menyembah Allah.” 
📌 Pelajaran: rahmat universal Nabi ﷺ.

4. Tersenyum Saat Dihina
Seorang musyrik menyebut Nabi ﷺ sebagai “al-Mudhamam” (yang tercela). Nabi ﷺ tersenyum: “Mereka mencela Mudhamam, padahal aku Muhammad.”
📌 Pelajaran: kesabaran & keteguhan hati menghadapi hinaan.

5. Tidak Pernah Membalas Jahat dengan Jahat; Aisyah r.a. berkata: “Rasulullah ﷺ tidak pernah membalas kejahatan dengan kejahatan, melainkan selalu memaafkan.” 
📌 Pelajaran: akhlak agung = pemaaf yang tulus.

6. Mengikat Batu di Perut
Saat perang Khandaq, para sahabat lapar. Nabi ﷺ menunjukkan perutnya, ternyata beliau mengikat dua batu karena lapar yang amat. Beliau tidak mau hidup berlebih, selalu bersama umat. 
📌 Pelajaran: tawadhu’ & solidaritas dengan umat.

7. Melayani Keluarga Aisyah r.a. meriwayatkan: “Beliau membantu keluarganya di rumah, menjahit bajunya, memperbaiki sandalnya.”
📌 Pelajaran: kerendahan hati dalam keluarga.

8. Memaafkan di Fathu Makkah
Saat penaklukan Makkah, orang Quraisy takut karena dulu mereka menyiksa Nabi ﷺ. Tapi beliau berkata: “Pergilah, kalian bebas.” (اذهبوا فأنتم الطلقاء). 
📌 Pelajaran: ampunan di saat berkuasa.

9. Kasih Sayang kepada Anak-Anak; Beliau selalu mencium cucunya Hasan dan Husain (as). Seorang Arab berkata: “Aku punya 10 anak, tak pernah aku cium satu pun.” Nabi ﷺ bersabda: “Barang siapa tidak menyayangi, maka ia tidak akan disayangi.” 
📌 Pelajaran: kasih sayang bagian dari akhlak agung.

10. Mengutamakan Sahabat
Suatu hari datang makanan. Nabi ﷺ tidak makan dulu, tapi memanggil sahabatnya untuk makan bersama. Beliau selalu lebih dulu memikirkan orang lain sebelum dirinya. 
📌 Pelajaran: akhlak agung = mendahulukan orang lain (itsar).

✨ Jadi, 10 kisah ini adalah gambaran nyata “khuluq ‘azhim”:
Pemaaf, penyabar, tawadhu’, penuh kasih sayang, rahmat bagi semua, dan selalu mendahulukan umat.

🌟 10 Manfaat Meneladani “Khuluq ‘Azim” ;  

1. Dekat dengan Allah 
Nabi ﷺ dicintai Allah karena akhlaknya. 
📖 QS. Ali Imran: 31 
→ “Jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mencintaimu.” 

🕊️ Doa:
‎اللَّهُمَّ حَبِّبْنِي إِلَيْكَ بِحُسْنِ الْخُلُقِ
Allahumma ḥabbibnī ilayka bi-ḥusnil khuluq
“Ya Allah, cintakanlah aku kepada-Mu dengan akhlak yang baik.”

2. Dicintai manusia
Orang berakhlak lembut disayangi manusia.
📖 QS. Ali Imran: 159. 

🕊️ Doa:
‎اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مَحْبُوبًا فِي قُلُوبِ عِبَادِكَ
Allahumma aj‘alnī maḥbūban fī qulūbi ‘ibādik
“Ya Allah, jadikan aku dicintai dalam hati hamba-hamba-Mu.”

3. Menjadi teladan 
Nabi ﷺ jadi uswah hasanah (QS. Al-Ahzab: 21).

🕊️ Doa:    اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي قُدْوَةً فِي الْخَيْرِ
Allahumma aj‘alnī qudwatan fi al-khayr; Ya Allah, jadikan aku teladan dalam kebaikan.”

4. Menghapus dosa ; 
Akhlak baik menutup aib dan menghapus kesalahan kecil. 

🕊️ Doa:
‎اللَّهُمَّ طَهِّرْ قَلْبِي وَسِيرَتِي كَمَا طَهَّرْتَ نَبِيَّكَ
Allahumma ṭahhir qalbī wa sīratī kamā ṭahharta nabiyyak
“Ya Allah, sucikanlah hatiku dan jalanku sebagaimana Engkau sucikan Nabi-Mu.”

5. Mendapat derajat tinggi
Rasulullah ﷺ bersabda: “Tidak ada sesuatu yang lebih berat di timbangan selain akhlak yang baik.” (HR. Tirmidzi). 

🕊️ Doa:
‎اللَّهُمَّ ارْفَعْ دَرَجَاتِي بِحُسْنِ الْخُلُقِ
Allahumma irfa‘ darajātī bi-ḥusnil khuluq
“Ya Allah, angkatlah derajatku dengan akhlak yang mulia.”

6. Mendapat syafaat Nabi ﷺ
Orang yang akhlaknya mulia dekat dengan Nabi ﷺ di akhirat.

🕊️ Doa:
‎اللَّهُمَّ اجْمَعْنِي مَعَ نَبِيِّكَ بِحُسْنِ الْخُلُقِ
Allahumma ajma‘nī ma‘a nabiyyika bi-ḥusnil khuluq
“Ya Allah, satukan aku dengan Nabi-Mu karena akhlak yang baik.”

7. Mendapat ketenangan hati
Orang berakhlak baik tidak suka dendam, hatinya tenang. 

🕊️ Doa:
‎اللَّهُمَّ امْلَأْ قَلْبِي سَكِينَةً وَرَحْمَةً
Allahumma mlā’ qalbī sakīnah wa raḥmah
“Ya Allah, penuhilah hatiku dengan ketenangan dan rahmat.”

8. Mendapat rezeki luas
Dalam riwayat Ahlul Bayt (as): “Akhlak yang baik menambah rezeki.” 

🕊️ Doa:
‎اللَّهُمَّ ارْزُقْنِي رِزْقًا وَاسِعًا بِبَرَكَةِ الْخُلُقِ الْحَسَنِ
Allahumma urzuqnī rizqan wāsi‘an bibarakatil-khuluqil-ḥasan
“Ya Allah, berikan aku rezeki yang luas melalui keberkahan akhlak baik.”

9. Selamat dari murka Allah
Orang berakhlak buruk jauh dari rahmat, orang berakhlak mulia dekat dengan rahmat. 

🕊️ Doa:
‎اللَّهُمَّ جَنِّبْنِي سُوءَ الْخُلُقِ وَمَا يُبْعِدُنِي عَنْكَ
Allahumma jannibnī sū’al-khuluq wa mā yub‘idunī ‘anka
“Ya Allah, jauhkan aku dari akhlak buruk dan segala yang menjauhkan dari-Mu.”

10. Kebahagiaan dunia-akhirat
Rasulullah ﷺ bersabda: “Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya.” (HR. Tirmidzi).

🕊️ Doa:
‎اللَّهُمَّ اجْعَلْ حُسْنَ الْخُلُقِ سَبَبًا لِسَعَادَتِي فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ
Allahumma aj‘al ḥusnal-khuluq sababān lisa‘ādatī fī al-dunyā wa al-ākhirah
“Ya Allah, jadikan akhlak baik sebagai sebab kebahagiaanku di dunia dan akhirat.”

✨ Jadi, meneladani akhlak agung Nabi ﷺ akan membawa: cinta Allah, dicintai manusia, teladan, derajat tinggi, syafaat, rezeki, ketenangan hati, dan kebahagiaan abadi.

🌹❤️🌺Ziarah Nabi Muhammad saw dari Kejauhan🌺❤️🌹

اَشْهَدُ اَنْ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا اللّٰهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ

Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah, Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya.

‎وَ اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسُوْلُهُ

Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan Rasul-Nya.

‎وَ اَنَّهُ سَيِّدُ الْاَوَّلِيْنَ وَ الْاٰخِرِيْنَ

Dan sesungguhnya beliau adalah pemimpin orang-orang terdahulu dan orang-orang kemudian.

‎وَ اَنَّهُ سَيِّدُ الْاَنْبِيَاۤءِ وَ الْمُرْسَلِيْنَ

Dan sesungguhnya beliau adalah pemimpin para nabi dan rasul.

‎اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ وَ عَلٰۤى اَهْلِ بَيْتِهِ الْاَئِمَّةِ الطَّيِّبِيْنَ

Ya Allah, limpahkanlah salawat kepada beliau dan kepada Ahlulbaitnya, para imam yang suci.

‎اَلسَّلَامُ عَلَيْكَ يَا رَسُوْلَ اللّٰهِ

Keselamatan atasmu, wahai Rasulullah.

‎اَلسَّلَامُ عَلَيْكَ يَا خَلِيْلَ اللّٰهِ

Keselamatan atasmu, wahai kekasih Allah.

‎اَلسَّلَامُ عَلَيْكَ يَا نَبِيَّ اللّٰهِ

Keselamatan atasmu, wahai Nabi Allah.

‎اَلسَّلَامُ عَلَيْكَ يَا صَفِيَّ اللّٰهِ

Keselamatan atasmu, wahai pilihan Allah.

‎اَلسَّلَامُ عَلَيْكَ يَا رَحْمَةَ اللّٰهِ

Keselamatan atasmu, wahai rahmat Allah.

‎اَلسَّلَامُ عَلَيْكَ يَا خِيَرَةَ اللّٰهِ

Keselamatan atasmu, wahai yang terpilih oleh Allah.

‎اَلسَّلَامُ عَلَيْكَ يَا حَبِيْبَ اللّٰهِ

Keselamatan atasmu, wahai kekasih Allah.

‎اَلسَّلَامُ عَلَيْكَ يَا نَجِيْبَ اللّٰهِ

Keselamatan atasmu, wahai hamba Allah yang mulia.

‎اَلسَّلَامُ عَلَيْكَ يَا خَاتَمَ النَّبِيِّيْنَ

Keselamatan atasmu, wahai penutup para nabi.

‎اَلسَّلَامُ عَلَيْكَ يَا سَيِّدَ الْمُرْسَلِيْنَ

Keselamatan atasmu, wahai penghulu para rasul.

‎اَلسَّلَامُ عَلَيْكَ يَا قَاۤئِمًا بِالْقِسْطِ

Keselamatan atasmu, wahai yang menegakkan keadilan.

‎اَلسَّلَامُ عَلَيْكَ يَا فَاتِحَ الْخَيْرِ

Keselamatan atasmu, wahai pembuka kebaikan.

‎اَلسَّلَامُ عَلَيْكَ يَا مَعْدِنَ الْوَحْيِ وَ التَّنْزِيْلِ

Keselamatan atasmu, wahai sumber wahyu dan tempat turunnya kitab suci.

‎اَلسَّلَامُ عَلَيْكَ يَا مُبَلِّغًا عَنِ اللّٰهِ

Keselamatan atasmu, wahai penyampai risalah dari Allah.

‎اَلسَّلَامُ عَلَيْكَ اَيُّهَا السِّرَاجُ الْمُنِيْرُ

Keselamatan atasmu, wahai pelita yang bercahaya.

‎اَلسَّلَامُ عَلَيْكَ يَا مُبَشِّرُ

Keselamatan atasmu, wahai pembawa kabar gembira.

‎اَلسَّلَامُ عَلَيْكَ يَا نَذِيْرُ / مُنْذِرُ

Keselamatan atasmu, wahai pemberi peringatan.

‎اَلسَّلَامُ عَلَيْكَ يَا نُوْرَ اللّٰهِ الَّذِيْ يُسْتَضَاۤءُ بِهِ

Keselamatan atasmu, wahai cahaya Allah yang menjadi penerang.

‎اَلسَّلَامُ عَلَيْكَ وَ عَلٰۤى اَهْلِ بَيْتِكَ الطَّيِّبِيْنَ الطَّاهِرِيْنَ الْهَادِيْنَ الْمَهْدِيِّيْنَ

Keselamatan atasmu dan atas Ahlulbaitmu yang baik, suci, pemberi petunjuk, dan mendapat petunjuk.

‎اَلسَّلَامُ عَلَيْكَ وَ عَلٰى جَدِّكَ عَبْدِ الْمُطَّلِبِ وَ عَلٰۤى اَبِيْكَ عَبْدِ اللّٰهِ

Keselamatan atasmu, atas kakekmu Abdul Muthalib, dan atas ayahmu Abdullah.

‎اَلسَّلَامُ عَلٰۤى اُمِّكَ اٰمِنَةَ بِنْتِ وَهْبٍ

Keselamatan atas ibumu, Aminah binti Wahb.

‎اَلسَّلَامُ عَلٰى عَمِّكَ حَمْزَةَ سَيِّدِ الشُّهَدَاۤءِ

Keselamatan atas pamanmu Hamzah, penghulu para syuhada.

‎اَلسَّلَامُ عَلٰى عَمِّكَ الْعَبَّاسِ بْنِ عَبْدِ الْمُطَّلِبِ

Keselamatan atas pamanmu, Al-‘Abbas bin Abdul Muthalib.

‎اَلسَّلَامُ عَلٰى عَمِّكَ وَ كَفِيْلِكَ اَبِيْ طَالِبٍ

Keselamatan atas pamanmu sekaligus pengasuhmu, Abu Thalib.

‎اَلسَّلَامُ عَلَى ابْنِ عَمِّكَ جَعْفَرٍ الطَّيَّارِ فِيْ جِنَانِ الْخُلْدِ

Keselamatan atas sepupumu, Ja‘far At-Thayyar, yang berada di surga kekal.

‎اَلسَّلَامُ عَلَيْكَ يَا مُحَمَّدُ

Keselamatan atasmu, wahai Muhammad.

‎اَلسَّلَامُ عَلَيْكَ يَاۤ اَحْمَدُ

Keselamatan atasmu, wahai Ahmad.

‎اَلسَّلَامُ عَلَيْكَ يَا حُجَّةَ اللّٰهِ عَلَى الْاَوَّلِيْنَ وَ الْاٰخِرِيْنَ

Keselamatan atasmu, wahai hujjah Allah atas yang terdahulu dan yang kemudian.

Kesaksian, perjuangan Nabi ﷺ, pengakuan atas risalah, jasa beliau, sampai salawat.

‎وَ السَّابِقَ اِلٰى طَاعَةِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Dan (engkau adalah) yang paling dahulu dalam ketaatan kepada Tuhan semesta alam.

‎وَ الْمُهَيْمِنَ عَلٰى رُسُلِهِ

Dan yang mengawasi (menjadi pemimpin) atas para rasul-Nya.

‎وَ الْخَاتِمَ لِاَنْبِيَاۤئِهِ

Dan penutup bagi nabi-nabi-Nya.

‎وَ الشَّاهِدَ عَلٰى خَلْقِهِ

Dan saksi atas seluruh makhluk-Nya.

‎وَ الشَّفِيْعَ اِلَيْهِ

Dan pemberi syafa‘at (kepada umat) di sisi-Nya.

‎وَ الْمَكِيْنَ لَدَيْهِ

Dan yang memiliki kedudukan agung di sisi-Nya.

‎وَ الْمُطَاعَ فِيْ مَلَكُوْتِهِ

Dan yang ditaati di dalam kerajaan-Nya.

‎الْاَحْمَدَ مِنَ الْاَوْصَافِ الْمُحَمَّدَ لِسَاۤئِرِ الْاَشْرَافِ

Yang paling terpuji dalam sifat, yang terpuji di hadapan seluruh orang mulia.

‎الْكَرِيْمَ عِنْدَ الرَّبِّ

Yang mulia di sisi Tuhan.

‎وَ الْمُكَلَّمَ مِنْ وَرَاۤءِ الْحُجُبِ

Dan yang diajak bicara dari balik tabir.

‎الْفَاۤئِزَ بِالسِّبَاقِ وَ الْفَاۤئِتَ عَنِ اللِّحَاقِ

Yang menang dalam perlombaan (menuju Allah) dan tak seorang pun mampu menyusulnya.

‎تَسْلِيْمَ عَارِفٍ بِحَقِّكَ مُعْتَرِفٍ بِالتَّقْصِيْرِ فِيْ قِيَامِهِ بِوَاجِبِكَ

Salam dari seorang yang mengenal hakmu, mengakui kekurangannya dalam menunaikan kewajiban kepadamu.

‎غَيْرِ مُنْكِرٍ مَا انْتَهٰىۤ اِلَيْهِ مِنْ فَضْلِكَ

Tidak mengingkari karunia yang telah sampai kepadanya dari keutamaanmu.

‎مُوْقِنٍ بِالْمَزِيْدَاتِ مِنْ رَبِّكَ

Yakin akan anugerah tambahan dari Tuhanmu.

‎مُؤْمِنٍ بِالْكِتَابِ الْمُنْزَلِ عَلَيْكَ

Beriman kepada Kitab yang diturunkan kepadamu.

‎مُحَلِّلٍ حَلَالَكَ مُحَرِّمٍ حَرَامَكَ

Menghalalkan apa yang engkau halalkan dan mengharamkan apa yang engkau haramkan.

‎اَشْهَدُ يَا رَسُوْلَ اللّٰهِ مَعَ كُلِّ شَاهِدٍ وَ اَتَحَمَّلُهَا عَنْ كُلِّ جَاحِدٍ

Aku bersaksi, wahai Rasulullah, bersama setiap saksi, dan aku memikul kesaksian ini sebagai ganti dari orang yang mengingkarinya.

‎اَنَّكَ قَدْ بَلَّغْتَ رِسَالَاتِ رَبِّكَ

Bahwa engkau telah menyampaikan risalah Tuhanmu.

‎وَ نَصَحْتَ لِاُمَّتِكَ

Dan engkau telah memberi nasihat kepada umatmu.

‎وَ جَاهَدْتَ فِيْ سَبِيْلِ رَبِّكَ

Dan engkau telah berjihad di jalan Tuhanmu.

‎وَ صَدَعْتَ بِاَمْرِهِ

Dan engkau telah menyuarakan perintah-Nya dengan jelas.

‎وَ احْتَمَلْتَ الْاَذٰى فِيْ جَنْبِهِ

Dan engkau telah menanggung gangguan demi (agama)-Nya.

‎وَ دَعَوْتَ اِلٰى سَبِيْلِهِ بِالْحِكْمَةِ وَ الْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ الْجَمِيْلَةِ

Dan engkau telah menyeru ke jalan-Nya dengan hikmah dan nasihat yang indah.

‎وَ اَدَّيْتَ الْحَقَّ الَّذِيْ كَانَ عَلَيْكَ

Dan engkau telah menunaikan hak yang diwajibkan atasmu.

‎وَ اَنَّكَ قَدْ رَؤُفْتَ بِالْمُؤْمِنِيْنَ وَ غَلُظْتَ عَلَى الْكَافِرِيْنَ

Dan sungguh engkau penuh kasih kepada orang beriman dan tegas terhadap orang kafir.

‎وَ عَبَدْتَ اللّٰهَ مُخْلِصًا حَتّٰىۤ اَتَاكَ الْيَقِيْنُ

Dan engkau telah beribadah kepada Allah dengan tulus ikhlas hingga datang kepadamu ajal (keyakinan).

‎فَبَلَغَ اللّٰهُ بِكَ اَشْرَفَ مَحَلِّ الْمُكَرَّمِيْنَ

Maka Allah menyampaikanmu ke tempat paling mulia dari orang-orang yang dimuliakan.

‎وَ اَعْلٰى مَنَازِلِ الْمُقَرَّبِيْنَ

Dan ke derajat tertinggi dari orang-orang yang didekatkan (kepada-Nya).

‎وَ اَرْفَعَ دَرَجَاتِ الْمُرْسَلِيْنَ

Dan ke tingkatan paling luhur di antara para rasul.

‎حَيْثُ لَا يَلْحَقُكَ لَاحِقٌ وَ لَا يَفُوْقُكَ فَاۤئِقٌ وَ لَا يَسْبِقُكَ سَابِقٌ وَ لَا يَطْمَعُ فِيْۤ اِدْرَاكِكَ طَامِعٌ

Tempat yang tidak dapat dicapai oleh siapa pun, tidak dapat dilebihi oleh siapa pun, tidak dapat didahului oleh siapa pun, dan tak seorang pun berangan-angan bisa menyamainya.

‎اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ اسْتَنْقَذَنَا بِكَ مِنَ الْهَلَكَةِ

Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan kami dengan perantaraanmu dari kebinasaan.

‎وَ هَدَانَا بِكَ مِنَ الضَّلَالَةِ

Dan memberi kami petunjuk denganmu dari kesesatan.

‎وَ نَوَّرَنَا بِكَ مِنَ الظُّلْمَةِ

Dan menerangi kami denganmu dari kegelapan.

‎فَجَزَاكَ اللّٰهُ يَا رَسُوْلَ اللّٰهِ مِنْ مَبْعُوْثٍ اَفْضَلَ مَا جَازَى نَبِيًّا عَنْ اُمَّتِهِ وَ رَسُوْلًا عَمَّنْ اُرْسِلَ اِلَيْهِ

Maka semoga Allah membalasmu, wahai Rasulullah, sebagai seorang utusan, dengan balasan terbaik yang pernah diberikan kepada seorang nabi atas umatnya dan kepada seorang rasul atas kaum yang diutus kepadanya.

‎بِاَبِيْۤ اَنْتَ وَ اُمِّيْ يَا رَسُوْلَ اللّٰهِ

Ayah dan ibuku menjadi tebusan bagimu, wahai Rasulullah.

‎زُرْتُكَ عَارِفًا بِحَقِّكَ مُقِرًّا بِفَضْلِكَ

Aku menziarahimu dengan mengenal hakmu dan mengakui keutamaanmu.

‎مُسْتَبْصِرًا بِضَلَالَةِ مَنْ خَالَفَكَ وَ خَالَفَ اَهْلَ بَيْتِكَ

Meyakini kesesatan orang yang menentangmu dan menentang Ahlulbaitmu.

‎عَارِفًا بِالْهُدَى الَّذِيْۤ اَنْتَ عَلَيْهِ

Dan mengenal petunjuk yang engkau berada di atasnya.

‎بِاَبِيْۤ اَنْتَ وَ اُمِّيْ وَ نَفْسِيْ وَ اَهْلِيْ وَ مَالِيْ وَ وَلَدِيْۤ

Ayah, ibu, diriku, keluargaku, hartaku, dan anak-anakku (semua) menjadi tebusan bagimu.

‎اَنَا اُصَلِّيْ عَلَيْكَ كَمَا صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْكَ وَ صَلَّى عَلَيْكَ مَلَاۤئِكَتُهُ وَ اَنْبِيَاؤُهُ وَ رُسُلُهُ

Aku bersalawat atasmu sebagaimana Allah telah bersalawat atasmu, dan malaikat-Nya, para nabi, serta para rasul-Nya juga bersalawat atasmu.

‎صَلَاةً مُتَتَابِعَةً وَافِرَةً مُتَوَاصِلَةً لَا انْقِطَاعَ لَهَا وَ لَاۤ اَمَدَ وَ لَاۤ اَجَلَ

Salawat yang terus-menerus, berlimpah, bersambung tanpa henti, tanpa batas, dan tanpa akhir.

‎صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْكَ وَ عَلٰۤى اَهْلِ بَيْتِكَ الطَّيِّبِيْنَ الطَّاهِرِيْنَ كَمَاۤ اَنْتُمْ اَهْلُهُ

Semoga Allah melimpahkan salawat kepadamu dan kepada Ahlulbaitmu yang baik dan suci, sebagaimana pantas bagi kalian untuk menerimanya.


Semoga Bermanfaat!!!
Mohon Doa!!!

Comments

Popular posts from this blog

Amalan Akhir & Awal Tahun ; Amalan Bulan Muharram ; Ziarah Imam Husein as dan Syuhada Karbala

Doa-doa Cepat Terkabul (Sari’ Al-Ijaabah) Dari; Imam Ali as dan Imam Musa as

Doa Pendek untuk Semua Penyakit